Sejumlah dokter di India ditangkap atas dugaan perdagangan organ


Mumbai (ANTARA News) – Polisi India mengatakan pada Rabu (10/8) mereka telah menangkap seorang kepala rumah sakit kelas atas di Mumbai dan empat dokter yang diduga terlibat dalam perdagangan organ.

Polisi dikabarkan menghentikan operasi transplantasi ginjal di Rumah Sakit L H Hiranandani setelah menemukan dokumen yang menunjukkan bahwa si donor menikah dengan penerima, dipalsukan.

Mereka mengatakan perempuan yang mendonorkan ginjalnya itu dibayar, menurut kantor berita Press Trust of India.

Organ hanya bisa disumbangkan oleh kerabat dekat atau nonkerabat yang disetujui sebuah komisi khusus di India dan menjual dan membelinya dianggap ilegal.

“Kami sudah meringkus kepala eksekutif Rumah Sakit L H Hiranandani, Sujit Chatterjee, dan empat dokter,” kata juru bicara polisi Mumbai Ashok Dudhe.

Mereka akan ditahan sampai Sabtu, imbuhnya.

Itu bukan kasus pertama yang terjadi– pada Juni, polisi India mengatakan mereka membongkar jaringan donasi organ ilegal di sebuah rumah sakit kelas atas di New Delhi, demikian dikutip dari AFP

Menanggapi isuue tersebut, Rini Anggraeni, SKM., M.Kes yang merupakan salah satu dosen MRS FKM UH menyatakan pendapatnya. “saya tidak setuju dengan kejadian ini, karena ini merupakan sesuatu yang ilegal. Memperjual belikan organ ada aturannya dalam pemanfaatan organ manusia yang sudah meninggal maupun yang masih hidup.” tuturnya
 
 
“Harus ada semacam MOU resmi yang diketahui oleh pihak-pihak terkait, dimana didalamnya terdapat perlindungan konsumen.” Lanjut Rini saat diwawancarai mengenai issue tersebut. 

 

Categories: Kesehatan, Rumah Sakit | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan di HMSC untuk pengembangan web blog ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: