Dilintasi Pemudik, RSUD dan Puskesmas di Bekasi Tetap Buka


BEKASI- Jelang Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menegaskan apabila pihaknya akan berusaha maksimal guna mengawal dan memberikan pelayanan bagi masyarakat, khususnya bagi para pemudik yang melintas di wilayahnya. Dalam mewujudkan upaya itu, pria yang merupakan pucuk pimpinan tertinggi di Pemerintah Kota Bekasi ini memastikan pelayanan kesehatan akan tetap beroperasi selama Lebaran. Rumah sakit juga wajib memberikan pelayanan kesehatan selama 24 jam.

“Untuk layanan kesehatan ini, kami pastikan seperti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) buka, khususnya yang dilintasi para pemudik Lebaran nanti,” kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, Kamis (23/6/2016).

Rahmat mengungkapkan, dirinya meminta dua pusat layanan kesehatan itu agar tidak menolak pasien miskin dan memberikan sebaik-baiknya. Jadi, masyarakat bisa merasakan manfaat pelayanan tersebut. “Nantinya, RSUD maupun puskesmas juga bisa menangani dan memberikan penanganan khusus kepada pemudik, yang mungkin mengalami kecelakaan lalu lintas saat melintasi wilayah Bekasi,” tutur Rahmat.

Ia menyatakan, hanya beberapa puskesmas yang buka selama 24 jam, seperti Puskesmas Bantar Gebang, Puskesmas Pondok Gede, dan Puskesmas Karangkitri di Bekasi Timur. “Tiga puskesmas ini merupakan lintasan yang dilalui pemudik menuju Pantai Utara (Pantura). Jadi, kami rasa perlu tetap membuka pelayanan guna mengantisipasi pelayanan terhadap kecelakaan atau pelayanan kesehatan lain bisa langsung ditangani,” paparnya.

Rahmat menjelaskan, nantinya jumlah petugas yang bertugas akan disiapkan sesuai kebutuhan di setiap puskesmas. Rahmat menuturkan, IGD RSUD dan rawat inap harus buka selama 24 jam. Sementara itu, teknisnya nanti diatur Direktur RSUD untuk dokter jaganya, sekaligus menjalin komunikasi dengan RS swasta. “Yang jelas para dokter akan tetap bekerja seperti hari biasa demi pelayanan kesehatan di Kota Bekasi tetap berjalan seperti biasanya. Mungkin hanya porsinya tidak seperti biasa,” tuturnya. (Sumber: Okezone.com)

Menanggapi issue tersebut, dr. Arny Palasa menyatakan pendapatnya. “Saya setuju bila UGD rumah sakit dan puskesmas itu buka selama 24 jam. Apalagi ketika musim mudik, begitu banyak kasus kecelakaan lalu lintas (KLL). Yang penting, dokter di rumah sakit itu diberi shift agar tidak kelelahan karena jaga selama 24 jam penuh” tuturnya.

“Kalau soal pelayanan gratis, jangan sampai menolak pasien yang tidak mampu. Kalau dokter itu siap, maka layani saja. Soal administrasi, itu adalah urusan rumah sakit. Meskipun kami ingin menangani pasien, namun apabila tidak ada obat-obatan yang dapat digunakan maka hal itu juga percuma saja. Jadi kalau menyangkut mengenai pelayanan gratis, sebaiknya pemerintah mengkoordinasikan hal ini kepada pihak rumah sakit. Hal ini dikarenakan, dokter hanya memberi pelayanan yang berupa medis saja.” Lanjut dr. Arny Palasa saat diwawancarai mengenai issue tersebut.

Beliau pun melanjutkan kembali bahwa jika musim lebaran nanti, akan banyak tenaga kesehatan yang tentunya ingin mudik atau liburan juga ke rumah keluarganya masing-masing. Akan tetapi, tentu akan ada yang diberi tugas untuk menjaga atau stand by di rumah sakit selama hari-hari itu. Ia pun menyarankan juga bahwa bisa juga selama musim lebaran nanti, mungkin baiknya yang menjaga saat itu adalah yang non muslim. Namun bilamana dalam rumah sakit atau puskesmas tersebut tidak ada yang non muslim maka tentunya tetap akan ada yang ditugaskan menjaga dan tidak akan mungkin dibiarkan unit pelayanan kesehatan itu kosong tanpa ada tenaga medis.

Categories: Kesehatan | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan di HMSC untuk pengembangan web blog ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: