Belum Semua Rokok Bergambar Seram, Ketegasan Pemerintah Diuji


Kementerian Kesehatan sudah memberikan waktu selama 18 bulan bagi industri rokok untuk menerapkan Peraturan Pemerintah Nomor 109/2012 tentang Pengendalian Tembakau. Faktanya, belum semua rokok mencantumkan peringatan bergambar.

Hanya segelintir merk rokok yang sudah memasang gambar-gambar tersebut. Dr Kartono Muhammad, Ketua Pusat Pengawas dan Pengendalian Tembakau (TCSC) mengatakan bahwa hal itu sengaja dilakukan industri rokok untuk mengetes sejauh mana kesungguhan pemerintah menegakkan peraturan yang dibuatnya.

“Mereka (industri rokok) itu sengaja sebenarnya menunda-nunda. Mereka memang mau ngetes pemerintah aja, sejauh mana ketegasannya, sampai kapan bisa diulur waktunya, hal-hal seperti itulah,” tutur dr Kartono kepada detikHealth di sela-sela acara Melek Bahaya Rokok: Tegakkan Hukum Peraturan Bergambar di FX Sudirman, Jalan Raya Sudirman, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (24/6/2014).

Padahal ditambahkan dr Kartono, seharusnya industri sudah mampu melakukan persiapan dalam waktu 18 bulan yang sudah diberikan. Sehingga tidak ada lagi alasan tidak siap atau waktu yang kurang untuk mengganti kemasan dan menambahkan peringatan bergambar.

Senada dengan dr Kartono, Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia sekaligus Koordinator Pengembangan Peringatan Kesehatan Bergambar pada Kemasan Rokok, Widyastuti Soerojo, mengatakan bahwa peraturan ini dibuat untuk melihat apakah industri rokok di Indonesia patuh terhadap hukum atau tidak.

“Kita lihat saja melalui PP ini kan sudah jelas, kalau mereka patuh ya bagus. Taat pada pemerintah. Kalau tidak patuh berarti mereka melanggar hukum karena melanggar peraturan yang ada di undang-undang,” papar perempuan yang akrab disapa Tuti tersebut.

Selain penyampaian pendapat dari pakar kesehatan dan tembakau, acara ini juga mengundang para korban asap rokok untuk menyuarakan aspirasinya. Diharapkan dengan adanya perwakilan korban rokok yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Korban Rokok Indonesia (AMKRI) bahaya-bahaya yang ditimbulkan akibat merokok tidak lagi disepelekan dan dianggap remeh.

Sumber: health.detik.com

Categories: Kesehatan | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan di HMSC untuk pengembangan web blog ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: