RS Pendidikan Unhas Miliki SDM dan Fasilitas Kedokteran Modern


 TAK perlu lagi pergi jauh-jauh ke luar negeri untuk menjalani perawatan maupun pengobatan kanker. Di RS Pendidikan Universitas Hasanuddin (Unhas), kini dilengkapi Cancer Center. Tak hanya itu, tenaga dokter dan fasilitas kedokterannya, modern. Dalam memberi pelayanan terbaiknya, RS Pendidikan Unhas saling melengkapi dengan RS Wahidin Sudirohusodo (RSWS).

Seperti apa konsep rumah sakit pendidikan ini dan siapa saja yang bisa mengakses layanannya? Berikut petikan wawancara wartawati Harian FAJAR, Latifah Ulfa dengan Dirut RS Pendidikan Unhas Prof Dr dr Syamsu, SpPD-KAI, di ruang kerjanya, Senin 9 April:

Bagaimana konsep dari RS Pendidikan Unhas ini?
Tujuan dari RS Unhas ini yakni untuk menciptakan sumber daya manusia yang andal dan tulus dalam mengintegrasikan pendidikan, penelitian dan pemeliharaan kesehatan. Serta terwujudnya upaya pemeliharaan kesehatan.

 Apa visi dan misinya?
Visinya yakni menjadi pelopor terpercaya dalam memadukan pendidikan, penelitian, dan pemeliharaan kesehatan yang bertaraf internasional. Sedangkan misinya adalah menciptakan tenaga profesional yang berstandar internasional dalam pendidikan, penelitian dan pemeliharaan kesehatan. Juga menciptakan lingkungan akademik yang optimal,memelopori inovasi pemeliharaan kesehatan melalui penelitian unggulan dan perbaikan mutu pelayanan berkesinambungan.

Kami juga ingin memberikan pemeliharaan kesehatan terpadu dengan pendidikan dan penelitian yang berstandar internasional tanpa melupakan fungsi sosial. Serta mengembangkan jejaring dengan rumah sakit lain baik regional maupun internasional.

 
       

Bagaimana pelayanan SDM-nya? Katanya para coas dan dokter PPDS yang bertugas?
Di mana-mana setiap rumah sakit pasti ada dokter coas-nya. Rumah sakit ini memiliki dokter spesialis yang langsung melayanipasien. Kalaupun yang menangani coas, tetap dalam bimbingan dan tetap dalam pengawasan dokter ahli.

Bagaimana menjamin layanan untuk pasien itu aman dan tidak malapraktik?
Selalu ada dokter ahli. Di rumah sakit ini, kami menyediakan dokter yang ahli dan paling ahli di bidangnya. Bahkan coas selalu diawasi oleh pembimbingnya, dan jika ada yang ditemukan malapraktik pasti kita akan lapor. Jadi, kami selalu mengedepankan dokter ahli dan yang paling ahli untuk menangani pasien.

Berapa tenaga dokter ahli dan paramedisnya dan bagaimana kualitasnya?
Semua dokter ahli yang ada di Makassar ada di RS Unhas. Bahkan yang paling spesialis. Untuk dokter spesialisnya sebanyak 150 orang, diantaranya 90 orang dari Fakultas Kedokteran Unhas, dan 70 orang dari RSWS. Sedangkan paramedisnya, ada yang tenaga tetap, dan ada juga yang kontrak.
Ada 20 orang yang diangkat dari kampus sebagai tenaga tetap, dan selebihnya ada yang dikontrak. Kualitasnya, ya seperti yang tadi saya jelaskan bahwa dokter yang kita siapkan semuanya adalah dokter ahli.

Fasilitas layanan apa yang tersedia, ada yang baru dan tercanggih?
Semua penyakit bisa kami layani, dan tetap ada pelayanan dasar. Hanya saja, untuk penyakit kanker di sini tempat yang paling canggih. Cancer Center dan Trauma Center adalah yang terbaru sekaligus tercanggih. Kalau Cardiac Center dan lainnya yang sudah dimiliki RS Wahidin, kami tidak buat lagi di sini. Karena RS Wahidin dan RS Unhas saling melengkapi. Tapi yang terbaru dan canggih untuk alat medisnya  adalah CT Scan. Itu adalah alat yang paling baru. Di Indonesia baru dua yang memilikinya.

Untuk kalangan apa saja RS ini?
Dari kalangan bawah sampai kalangan elit semua bisa masuk di RS ini. Mulai dari kelas tiga sampai yang paling mahal. Malah bisa lebih murah dari rumah sakit lainnya.

Apa bisa terima perawatan atau pengobatan untuk Askes, Jamkesmas, Jamkesda dan lainnya?
Untuk sementara Askes sudah berlaku. Sedangkan Jamkesmas dan Jamkesda sementara kita urus. Kemungkinan dalam waktu dekat kedua jaminan kesehatan itu sudah bisa berlaku.

Harapan dokter untuk RS Pendidikan Unhas  terkait layanan kesehatan paripurna untuk semua kalangan mayarakat?
Saya berharap dengan adanya RS Unhas ini, warga Makassar tidak lagi perlu keluar kota atau keluar negeri untuk berobat. Sebab di sini juga kita memiliki dokter yang ahli dan alat yang canggih. Jadi tidak perlu susah-susah keluar negeri menghabiskan dana. Kami juga berharap dengan adanya RS ini menjadi pelengkap paripurna dari seluruh institusi pelayanan kesehatan di kawasan ini sekaligus sebagai mata air iptek kedokteran modern. (*

 oleh:LATIFAH ULFA/FAJAR

Categories: Kesehatan | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan di HMSC untuk pengembangan web blog ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: