Perkembangan Paradigma Rumah Sakit


Pengertian

Rumah sakit adalah sarana upaya kesehatan yang menyelenggarakan kegiatan pelayanan kesehatan serta dapat dimanfaatkan untuk pendidikan kesehatan dan penelitian.

Rumah sakit merupakan tempat dimana orang-orang sakit mencari dan menerima pelayanan kesehatan, serta tempat dimana pendidik klinik untuk mahasiswa kedokteran,  perawat dan berbagai tenaga profesi kesehatan lainnya yang diselenggarakan (Asrul Aswar, 1996). Sedangkan pelayanan kesehatan adalah setiap upaya yang diselenggarakan sendiri atau bersama-sama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan perorangan, keluarga ataupun masyarakat (Asrul Aswar, 1996).

Pemimpin rumah sakit dengan menggunakan sumber daya manusia yang ada, sarana dan prasarana yang ada memberikan pelayanan kesehatan pada pasien sebaik-baiknya sesuai kebutuhan, sehingga pasien tersebut puas dan senang serta memerlukan biaya dan waktu yang sekecil-kecilnya. Dengan kata lain memberikan pelayanan yang baik, efektif, dan efisien. Manajemen rumah sakit. Disamping itu pelayanan rumah sakit harus memperhatikan pedoman dan hak dan kewajiban pasien, dokter / perawat dan rumah sakit yang telah ditetapkan dengan surat edaran Direktur Jenderal Pelayanan Medik No.YM.02.043.5.2505 tanggal 10 Juni 1997. dengan surat keputusan yang dikeluarkan tersebut maka diperlukan system (standar pelayanan), prosedur kerja yag baku dan peraturan-peraturan rumah sakit yang mendukung hak dan kewajibannya (Hospital by law).

b.   Perkembangan Fungsi dan Kegiatan Rumah Sakit

Sesungguhnya rumah sakit saat ini tidak sama dengan masa lalu sesuai dengan perkembangan jaman, maka pada saat ini rumah sakit mengalami berbagai perkembangan pola. Perkembangan tersebut dibedakan atas empat macam (Azeul Azwar, 1996) :

a.   Perkembangan fungsi yang dimilikinya

Jika dulu rumah sakit hanyna untuk menyembuhkan orang sakit, maka pada saat ini perkembangan menjadi suatu pusat kesehatan. Dengan munculnya kesehatan dan kesinambungan pelayanan kesehatan serta perkembangan ilmu dan teknologi kedokteran, maka fungsi rumah sakit telah mencakup pula pendidikan dan penelitian.

b.  Perkembangan pada ruang lingkup kegiatan yang dilakukan

Jika dulu ruang lingkup kegiatannya hanya merupakan tempat istirahat, tempat mengasuh anak yatim serta tempat tinggal orang jompo, ,maka pada saat ini telah berkembang menjadi institusi kesehatan. Dengan munculnyya diversifikasi dalam kehidupan masyarakat maka ruang lingkup kegiatan rumah sakit yang semula mencakup berbagai aspek sosial, pada saat ini telah dibatasi diri hanyna pada aspek kesehatan saja.

c.   Perkembangan pada masing-masing fungsi yang dimiliki oleh rumah sakit

Dengan kemampuan ilmu dan teknologi kedokteran, maka fungsi pelayanan, pendidikan dan penelitian yang diselenggarakan oleh rumah sakit tidak lagi pada hal-hal sederhana saja tetapi mencakup pula pada hal-hal yang spesifik dan bahkan sub spesifik.

d.  Perkembangan dan pemeliharaan rumah sakit

Dulu rumah sakit dikelola oleh badan-badan keagamaan, badan-badan sosial ataupun pemerintah dan swasta. Rumah sakit yang dulu tidak pernah memikirkan masalah untung rugi karena semata-mata didirikan untuk kepentingan sosial dan kemanusian (non profit). Pada saat ini telah berubah menjadi salah satu kegiatan ekonomi.

Karakteristik organisasi rumah sakit di era globalisasi akan dituntut untuk memenuhi kriteria di bawah ini (Hernawan, 1997) :

1.  Desain fisik rumah sakit yang berorientasi pada pelanggan

2.  Pelayanan berfokus pada palanggan yang dimaksud adalah proses pelanggan sebagai titik utama kegiatan, proses dapat diperpendek, dipercepat dan dipermudah.

3.  Organisasi yang datar dengan 3-4 hirarki

4.  Organisasi pembelajaran adalah ciri utama

5.  Peningkatan mutu pelayanan adalah napas organisasi

6.  Standar mutu memenuhi syarat akreditasi

7.  Budaya organisasi yang menekankan transportasi, kesatuan kata dengan perbuatan dan kejujuran.

Sumber: http:// Taharuddin.Com (diakses pd tgl 31 Oktober 2012)

Categories: Kesehatan | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan di HMSC untuk pengembangan web blog ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: