Persaingan Dunia Rumah Sakit


Rumah Sakit merupakan satu kategori bisnis yang unik. Selain daripada tujuannya yang semi komersial, atau berkaitan dengan unsur pengembangan ilmu pengetahuan dan pengabdian masyarakat; dewasa ini rumah sakit memiliki prospek bisnis yang kian menjulang. Beberapa bulan belakangan ini saya pun mencoba untuk mempelajari sedikit banyak karketer bisnis Rumah Sakit itu sendiri. Dan melalui proses tersebut saya menemukan bahwa bisnis Rumah Sakit merupakan suatu bisnis yang unik, yang tidak memiliki kesamaan karakteristik dengan kategori industri lain. Hal ini dikarenakan beberapa elemen terkait di bawah ini :

a. It’s not just about profit.
Sempat saya sebutkan di awal, bahwa tujuan bisnis rumah sakit berdiri tentu saja bukan perihal profit semata, melainkan pengabdian kepada masyarakat. Mendirikan RS jauh lebih sulit dibandingkan bisnis lainnya, dikarenakan adanya tujuan pengabdian masyarakat. Sehingga melalui rencana bisnis yang dibuat dan berbagai program aktivitas dilakukan dengan tujuan pelayanan kesehatan yang lebih baik dari waktu ke waktu kepada masyarakat.

b. Aturan main yang ketat
Berbeda dengan bisnis lain, bisnis RS memiliki aturan yang sangat ketat, baik berkaitan dengan perijinan hingga konsep pemasaran. Serupa dengan bisnis obat-obatan atau jasa kesehatan lainnya, terdapat beberapa aturan main yang ditetapkan pemerintah yang bertujuan untuk melindungi pasien/konsumen. Hal ini di sisi lain menuntut RS memiliki strategi unik dalam melakukan pendekatan tersendiri kepada masyarakat.

c. Technology is important
Apa yang membedakan RS kelas teri dan kelas kakap? Tentu saja.. teknologi! Jika anda sering mendengar di pinggiran kota, seringkali ada pasien yang terlambat di selamatkan karena tidak sempat di bawa ke RS di kota; hal ini dikarenakan tekonologi yang sangat terbatas di RS di pinggiran kota. Begitu juga dengan persaingan RS global, bahwa teknologi adalah produk potensial yang memiliki target market di seluruh dunia. Dan hal ini menjadi bidang keunggulan yang harus dipenuhi sebagai sebuah RS berskala global.

d. Service Advance
Selain teknologi, servis telah melekat dalam perkembangan RS berskala global. Hal yang dibutuhkan oleh orang sakit tentu saja lingkungan yang nyaman, di mana lingkungan terbentuk tidak hanya dari desain interior atau perabot, tetapi juga dari pelayanan yang diberikan. Sekarang ini servis tidak lagi dapat dikesampingkan, hal ini dikarenakan karakteristik pertumbuhan konsumen yang kritis dan siap pindah ke kompetitor pada saat dikecewakan. Jadi jangan heran, kalau pada saat Anda masuk RS seperti masuk ke sebuah hotel berbintang.
Sumber: Artikel Perumahsakitan Ayudilla_Jenice_Bogar’s Blog

Categories: Kesehatan | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan di HMSC untuk pengembangan web blog ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: