Standar Akreditasi Rumah Sakit 2012


Saat ini pemerintah telah memperbaiki dan menyempurnakan sistem penyelenggaraan akreditasi melalui penyusunan undang-undang, peraturan dan sistem akreditasi menuju akreditasi internasional. Standar Akreditasi RS baru versi 2012 telah mulai ditetapkan pada tahun 2012 dan akan dilaksanakan oleh KARS sebagai Badan Akreditasi Nasional Independen yang telah ditetapkan oleh Menkes sesuai dengan ketentuan UU no 44 Tahun 2009 ttg RS.Standar akreditasi KARS versi 2012 ini mengacu pada standar standar Internasional, yaitu:International Principles for Healthcare Standards, A Framework of requirement for standards, 3rd Edition December 2007, International Society for Quality in Health Care / ISQuadan Joint Commission International Accreditation Standards for Hospitals 4 rd Edition, 2011, serta tetap mengacu pada Instrumen Akreditasi Rumah Sakit, edisi 2007, Komisi Akreditasi Rumah Sakit / KARS.
Perbedaan standar akreditasi versi 2007 dengan standar akreditasi versi 2012, antara lain adalah :Versi 2007 fokus pada provider, kuat pada input dan dokumen, lemah dalam implementasi serta kurang melibatkan petugas. Sementara versi 2012 fokus pada pasien, kuat pada proses , output dan outcome, kuat pada implementasi serta melibatkan seluruh petugas dalam proses akreditasi.
Diharapkan dengan perubahan sistem akreditasi RS KARS menjadi versi 2012 yang lebih fokus pada pelayananpasien akan meningkatkan mutu pelayanan RS, serta keselamatan pasien.
Perubahan sistem akreditasi KARS dari versi 2007 menjadi 2012 juga diikuti dengan perubahan paradigma. Yang utama, terletak pada penekanan bahwa tujuan akreditasi adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan RS, bukan hanya semata-mata untuk lulus. Selain itu dilakukan perubahan terhadap standar akreditasi, karena standar akreditasi harus memenuhi kriteria –kriteria internasional dan bersifat dinamis. Standar akreditasi yang digunakan saat ini (versi 2012) akan menekankan pada pelayanan berfokus pada pasien serta kesinambungan pelayanan dan menjadikan keselamatan pasien sebagai standar utama.
Hasil survei penilaian atau kelulusan untuk sistem akreditasi KARS 2012 ini berupa level pencapaian, yang merupakan upaya pencapaian RS terhadap skoring yang ditentukan. Level tersebut adalah DASAR , MADYA, UTAMA dan pencapaian tertinggi adalah PARIPURNA.

#berikut, draft standar akreditasi rumah sakit  silahkan di download :D

About these ads
Categories: Kesehatan, Rumah Sakit | Tags: | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “Standar Akreditasi Rumah Sakit 2012

  1. viievy

    mantabbbb,, :D

Tinggalkan Balasan di HMSC untuk pengembangan web blog ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 6 pengikut lainnya.

Hours & Info

1-202-555-1212
Lunch: 11am - 2pm
Dinner: M-Th 5pm - 11pm, Fri-Sat:5pm - 1am

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: